Tips Sukses Membuat Roti

Tips Sukses Membuat Roti

1. Pastikan menggunakan bahan yang masih baik dan timbang bahan dengan teliti. Jangan sampai ragi yang digunakan sudah kadaluarsa atau ada yang salah timbang. Gunakan resep/formulasi yang telah teruji.
2. Pastikan adonan tercampur/teruleni dengan baik hingga kalis sempurna. Tandanya adalah bila sejumlah kecil adonan direntangkan pelan-pelan dengan tangan akan membentuk lapisan film yang tipis dan tidak putus.
3. Pastikan adonan difermentasikan/diproofing/dikembangkan dengan sempurna. Tandanya adalah adonan telah menjadi kira-kira 2 kali besar adonan semula. Cara mengeceknya adalah tekan/sentuh pelan adonan dengan ujung jari kita, bila terlihat ada bekasnya, maka adonan siap untuk dipanggang.
4. Pastikan suhu oven telah siap untuk memanggang adonan roti dan pastikan roti telah matang sempurna sebelum dikeluarkan dari oven.
5. Untuk roti tawar atau roti yang memakai cetakan, segera setelah matang dan keluar dari oven, keluarkan roti dari cetakannya dan dinginkan. Untuk roti manis, oles permukaannya dengan butter untuk mempercantik.
6. Untuk roti tawar, potong-potong roti setelah dingin.
7. Simpan roti setelah dingin dalam kemasan tertutup untuk mencegah roti menjadi kering.

Membuat roti hanya memerlukan banyak praktek. Sekali kita mengenal n memahami tiap tahapan proses membuat roti, maka membuat roti menjadi hal yang mudah.

17 comments on “Tips Sukses Membuat Roti

  1. setuju…pratices make perfect.

    mengapa hasil roti menggumpal (lengket di gusi/ gigi) saat dikunyah?
    mohon pencerahannya.

  2. Kenapa serat roti saya kurang halus, tidak seperti roti bakery, sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggiling adonan roti apabila menggunakan mixer roti (contoh: sico)

    • Mbak Daisy, banyak sebab roti tidak halus seratnya, bisa karena formulasi, pengadukan kurang kalis, fermentasi dan pemanggangan tidak sempurna. Jadi mesti dilihat semua dari bahan hingga step by step proses keseluruhan. Untuk menggiling adonan roti, patokannya bukan waktu, tapi adonan kalis. Yaitu saat sudah tidak menempel di mixer dan bila diambil sedikit dan direntangkan dengan kedua tangan, bisa terbentuk lapisan tipis tanpa putus. Tapi kalau saya dengan mixer Bosch, adonan 0,5 kg terigu kira-kira 15-20 menit.

    • Tergantung jenis roti yang dipanggang mbak. Kalau bentuk loaves (misal roti tawar) atau roti dengan berat yang medium ke besar, pakai api bawah dulu baru nanti 10 menit sebelum matang, tambahkan api atas juga.
      Kalau roti unyil atau berat kecil2, langsung pakai api atas dan bawah.
      Ini berlaku untuk oven skala rumahan ya.
      Kalau oven listrik/gas yang sudah lebih canggih, biasanya ada setting tersendiri dan sekali lagi harus digauli dengan baik…:)

  3. Nanya dong.klo saya buat roti unyil atau roti manis dan sejenisnya,apakah bisa pake oven kompor,yang hanya terdapat api bawah saja?thx

  4. Mau tanya donk.Saya memcoba bikin kue donat tapi alhasil adonanny masih lengket ,kenapa begitu .Tolong penjelasanny .Trmksh

  5. Saat pembuatan roti denga pasta coklat di tengah tepung dg gluten berapakah yang tepat? kemudian kenapa tekstur roti ada gelembung di sisi-sisi roti seperti angin yang tidak bisa keluar sehingga merusak tampilan roti?

    • Gluten tinggi sekitar 32-24%. Tapi kalau mau yang agak lembut, 30% gluten oke juga.
      Kemungkinan saat sebelum dibentuk, tidak cukup proses memipihkan sebelum adonan siap ditimbang dan dibentuk. Proses ini berfungsi untuk pengeluaran gas yang terbentuk selama pengembangan.
      Akibatnya gelembung masih terjebak dan muncul di roti saat dipanggang.

  6. mau tanya mbak,
    saya mau membuat roti abon gulung (ukurannya lebar tp tidak terlalu tebal (sebelum oven 0.5 cm) karena nanti digulung)
    pertanyaan saya adalah,
    1.itu masuknya ke roti ukuran medium-besar atau kecil? karena ditulis untuk pengovenan hanya perlu 10 menit di resep sedangkan roti besar disarankan menggunakan api atas bawah 10 menit sebelum matang.
    2. loyang yang saya gunakan sebaiknya yang rendah atau tinggi?
    terima kasih atas infonya :)

    • Ukuran roti yang bijian saya pakai gram mbak. Kalau sekitar 10-20 gram atau seperti roti unyil itu ukuran kecil. Medium-besar ukuran 30gr ke atas.
      Kalau roti gulung seperti yang dimaksud jadinya besar ya.
      Sambil diamati juga ya mbak karena beda oven beda karakter.
      Pakai yang rendah saja kan hanya sebagai alas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>