Roti Boy

Roti Boy
Sumber NCC dan cakefever.com, dengan modifikasi

Bahan:
• 250 gram tepung terigu protein tinggi
• 50 gram gula pasir
• 5 gram ragi instant
• ¼ sdt bread improver
• 2 butir kuning telur
• 120 ml susu UHT dingin
• ¼ sdt garam
• 100 gram butter

Bahan topping:
• 25 gram gula halus
• 25 gram gula palem
• 50 gram mentega
• 40 gram telur (telur dengan ukuran yang paling kecil atau ditimbang aja deh..)
• 50 gram terigu protein rendah
• 5 gram maizena
• 5 gram kopi instant + 1 sdm air panas
• 5 gram essence kopi

Cara membuat topping:
Kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata lalu masukkan ke dalam plastik segitiga.

Cara membuat roti:
1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.
2. Masukkan telur dan susu UHT sedikit demi sedikit, aduk dan uleni hingga rata.
3. Masukkan butter, uleni hingga agak kalis.
4. Masukkan dan garam, uleni lagi hingga adonan menjadi benar-benar kalis.
5. Istirahatkan adonan roti boy selama 10 menit.
6. Kempiskan dan bagi adonan roti boy @ 50 gram. Bulatkan.
7. Isi dengan butter beku. Setelah diisi, tutup, bulatkan lagi.
8. Biarkan mengembang lagi hingga 2 kali semula, sekitar 60 menit.
9. Setelah mengembang, semprotkan topping yang dimasukkan ke piping bag (plastik segitiga), semprotkan melingkar seperti obat nyamuk.
10. Panggang dengan suhu oven 180 C selama kurleb 20 menit atau hingga matang golden brown.

Hasil: 10 buah roti @ 50 gram

9 comments on “Roti Boy

    • Bisa dengan mixer atau diuleni manual dengan tangan Bu Rina. Yang penting hingga adonan menjadi kalis sempurna, tidak lengket di tangan ataupun mixer. dan bila dibentangkan bisa membentuk lapisan tipis.

  1. Mba amy mau nanya, beberapa kali saya bikin dough itu kok ketika direnggangkan dia kayak sobek2 gitu ya Mba? Cuman sudah bisa direnggangkan. Kalo menurut definisi kalis sepertinya dough saya kalis karna kalo dibentuk lubang dia membekas dan kembali seperti semula. Ato sebenernya dough saya belum 100% kalis? Atau terlalu banyak tepung/ air ya? Cuman ketika saya tambahkan tepung masih saya seperti itu. Jadinya saya agak ragu karna jadi bikin takarannya berbeda. Mohon pencerahannya ya Mba.
    Thanks…

    • Kalis itu sudah tidak lengket di mixer maupun tangan. kalau dibentangkan bisa membentuk lapisan tipis.
      Kemungkinan kurang waktu pengadukannya mbak. Toh resep sudah benar kaan? Selamat mencoba kembali yaa..

  2. Salam kenal…………….
    Saya sudah mencoba membuat roti bolu (di oven) tapi hasilnya kurang maksimal di kulit luar, gimana caranya agar kulit luar bisa tipis, warna kecoklatan dan samping tidak gosong. Mohon pencerahannya terima kasih sebelum dan sesudah ………………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>