About

Hai… saya Amalia Sekar, ibu bekerja, pecinta baking yang juga praktisi industri pangan. Keseharian saya akrab dengan aplikasi produk makanan berbasis terigu.

Web membuatroti.info ini didedikasikan untuk sesama pecinta baking dan berbagi informasi bidang perotian. Web  ini memuat info tentang roti, bahan membuat roti, cara membuat roti, mesin roti, serta informasi dan berita lain yang terkait dengan roti. Semoga membawa manfaat.

Silahkan sampaikan komentar, pertanyaan, kritik, dan saran yang membangun ke email amalia@membuatroti.info



Kerja di rumah!

14 thoughts on “About

  1. deasy says:

    salam kenal mbak.. saya suka membuat roti.salah satunya roti boy. alhamdulillah, rasanya udah sama dgn yg di mall2 :)tapi koq topingnya dibiarkan beberapa jam jadi agak basah ya..
    itu kenapa mba?

    • amy says:

      Salam kenal juga 🙂 Thanks sudah berkunjung. Toppingnya jadi agak basah kemungkinan waktu mengoven kurang kering.

  2. Listy Yoesoep says:

    Ass. Mba…, wah saya jadi ingin mencoba resep rotinya, tapi saya hanya punya oven listrik oxone, cara pengaturannya gimana ya Mba? api atas, api bawah atau dua2 nya (atas bawah)? trimakasih sebelumnya

    • amy says:

      Waalaikum salaam.. Mbak Listy, tergantung produk rotinya ya:
      – roti besar: api bawah dulu, nanti tambah api atas setelah kira2 10 menit sebelum matang.
      – roti kecil (bun/roti unyil): api atas bawah bersamaan.

  3. indah says:

    Ass mbk…slam kenal yc…mo tny2 nic…klo misal bt kue kering baiknya pke api atas / api bwah ?? Klo smacam roti bolu gtu pke api ats / bwh ? Skalian mo minta djelasin msing2 yg dmsak pke api ats ap aj, api bwah u/ bkin ap aj n klo api ats bwh itu u/ bkin ap mbk ??
    maaf yc mbk…byk bgt tnya..soalnya msh blajar sic.. Thanks bgt infonya…

    • amy says:

      Kue kering: api atas dan bawah. Bolu: api bawah, 10 menit sebelum selesai hidupkan juga api atas. Kecuali untuk bolu tipis yang akan dipakai untuk bolu gulung, makai api atas dan bawah.
      Settingan ini cocok untuk oven listrik skala rumahan. Kalau yang besar, sudah langsung api atas dan bawah sama2 hanya adjust di suhu. Semuanya tergantung dari tipe oven masing2 dan yang penting bagaimana mengenali oven dengan baik. Caranya dengan sering2 dicoba untuk memanggang. Lama2 akan paham mana yang pas. Happy baking ya..

  4. sue says:

    as salam.mohon bantuan..knapa roti pintal piza saya keras..adakah mgkin Sb.saya guna bawah dahulu..pastu dah nk masak Baru guna api atas.atau adunan saya letak minyak je DLM adunan x letak majerin.tq

  5. sarah says:

    Mba..aq pake oven listrik oxone, pilihan yang ada api bawah, api atas-bawah. Dan engga ada pilihan khusus api atas saja. Nah pertanyaan saya kalo utk panggang cake atau bolu dirak bawah atas atau tengah ya? Trus apinya bawah saja atau atas bawah sekaligus?. Bbrp x saya bikin cake atau bolu, pake api bawah saja dan di rak tengah, bolunya matang sih, tapi lama, bisa lbh 50 menit, trus atasnya tetap basah engga kering, pdhal cake sdh matang, jd ketika dibalik dipiring bagian atasnya lengket dipiring mba. Mohon pencerahannya mba :d

  6. Meilia Hanum Rahmadyah says:

    Assalamualaikum. Mbak saya mau nanya, kalo panggang adonan pastry misal merk Edo itu pakai api atas/api bawah/api atas bawah ya. Saya beberapa kali panggang adonan pastry ini pake oven kirin tp gak pernah berhasil. Gemes dan jg bingung sendiri dgn api atas/ bawah atau atas bawah. Hasilnya gak ngembang sempurna, gak renyah, agak keras dan cenderung alot dan gakbisa berlapis2 gitu kaya pastry pd umumnya. Dan juga mohon jawabannya jg tips manggang roti/bolu/kue kering.

    Ohya, dan jg proses pemanggangan saya ini jg lama pake oven kirin, terutama manggang cake2 gt, apa emang harus diputar2 gitu ya roti/cakenya biar matang sempurna… kok kalo liat penampakan cake2 yg dijual itu pada bagus2 permukaannya hahaha 😅😅😅

    Makasih mbak, smg bersedia membalas email saya. Hahaha. 😉

    • Waalaikum salaa mbak Meilia, maaf terlambat menjawab 🙂
      Untuk pastry dengan oven Kirin pakai api atas bawah mbak. Kalau hasil nggak mengembang sempurna biasanya karena suhu pemanggangan kurang tinggi.
      Memangganga roti, bolu, kue kering dengan api bawah namun di 10 menit terakhir dengan api atas bawah. Kecuali untuk produk berukuran kecil/roti unyil, langsung api atas bawah.
      Sejauh ini saya memanggang dengan Kirin kalau untuk roti dan cake nggak harus diputar-putar tuh. Kalau untuk kue kering, iya, sekali dua kali, untuk menyeragamkan warna.

  7. Ulya says:

    Assalamu’alaikum mb… Sy mau tanya, sy biasa pakai oven tangkring. Tapi ini mau coba pakai oven listrik. Mohon penjelasan utk memanggang roti/cake/kue kering itu pakai rak yg mana? Api atas/bawah/atas-bawah? Suhunya kira2 berapa? Waktunya jg kira2 berapa menit? Sy pakai oven cosmos. Terimakasih penjelasannya mb.

    • Waalaikum salaam mbak Ulya.
      Cake dan kue kering pakai rak tengah mbak, apinya bawah dulu. Nanti kira-kira 10 menit sebelum selesai, hidupkan api atas juga bersamaan. panggang hingga matang.
      Untuk roti, kalau besar kadang2 hanya cukup di rak bawah. Kalau ukuran medium atau kecil ya tetap rak tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *